AHY Bersumpah untuk Bekerja Baik dan Menjunjung Etika saat Dilantik Jadi Menteri ATR

Date:

Share post:

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan itu berlangsung pada Rabu (21/2/2024) di Istana Negara, Jakarta, bersamaan dengan pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Mahfud MD.

Keputusan itu diambil oleh Presiden Jokowi pada 20 Februari 2024. Proses pelantikan dihadiri oleh Presiden Jokowi, Hadi, dan AHY yang mengucapkan sumpah jabatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah jabatan para menteri yang dilantik tersebut.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh AHY.

“Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945. Serta akan menjalankan segara peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tangung jawab,” demikian kata AHY mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut.

Sebelumnya, posisi Menteri ATR/Kepala BPN dipegang oleh Hadi Tjahjanto. Sedangkan, Mahfud MD mundur dari posisi Menteri Polhukam untuk fokus pada kontestasi Pilpres 2024.

AHY adalah putra pertama dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan memulai karirnya di militer setelah lulus dari Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1997. Dia menempuh pendidikan tinggi di luar negeri dan meraih gelar Master dari beberapa universitas ternama. Di dunia politik, AHY terjun pada tahun 2017 dan terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025, membuat Partai Demokrat menjadi partai politik pertama di Indonesia yang melakukan regenerasi kepemimpinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Tok! MK Tolak Seluruh Gugatan Pilpres Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menolak seluruh gugatan terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024...

Lihat Penampilan Terbaru Ammar Zoni, Irish Bella Ngaku Salah

Irish Bella mengakui rasa sedih setelah menyaksikan perubahan drastis dalam penampilan Ammar Zoni, sang mantan suami, saat menghadiri...

Pemerintah Tetapkan 12 Maret 2024 Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

Pemerintah telah menetapkan 12 Maret sebagai awal puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

Kolaborasi Brand Lokal Diana Restu dengan Influencer Mega Iskanti Ciptakan Celana Jeans Auto Slim

Diana Restu (DR), brand fashion Indonesia yang telah menjadi ikon sejak tahun 2017, kembali meraih pencapaian luar biasa...