Tok! MK Tolak Seluruh Gugatan Pilpres Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Date:

Share post:

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menolak seluruh gugatan terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan oleh dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), serta pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, melihat gugatan mereka ditolak oleh MK.

Keputusan ini diumumkan oleh Ketua MK, Suhartoyo, dalam sidang putusan perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan dan Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 di Gedung MK, Jakarta, pada Senin (22/4/2024).

Ketua MK menjelaskan, “Putusan mengadili esepsi menolak esepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya.”

Alasan penolakan gugatan Anies-Muhaimin adalah karena tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Salah satu argumen dalam gugatan mereka, yakni tudingan terhadap keterlibatan sejumlah menteri dan pejabat negara dalam mendukung pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tidak didukung oleh bukti yang memadai. Hakim Konstitusi Arsul Sani menyatakan bahwa bukti yang diajukan hanya berupa berita dan video dari media online, tanpa adanya dukungan dari saksi atau ahli.

Sementara itu, gugatan Ganjar-Mahfud ditolak karena memiliki kesamaan substansial dengan gugatan Anies-Muhaimin yang sebelumnya telah ditolak oleh MK.

Kedua pasangan calon tersebut dalam gugatannya ke MK meminta agar pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, didiskualifikasi dan dilakukan pemungutan suara ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Lihat Penampilan Terbaru Ammar Zoni, Irish Bella Ngaku Salah

Irish Bella mengakui rasa sedih setelah menyaksikan perubahan drastis dalam penampilan Ammar Zoni, sang mantan suami, saat menghadiri...

Pemerintah Tetapkan 12 Maret 2024 Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

Pemerintah telah menetapkan 12 Maret sebagai awal puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

AHY Bersumpah untuk Bekerja Baik dan Menjunjung Etika saat Dilantik Jadi Menteri ATR

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala...

Kolaborasi Brand Lokal Diana Restu dengan Influencer Mega Iskanti Ciptakan Celana Jeans Auto Slim

Diana Restu (DR), brand fashion Indonesia yang telah menjadi ikon sejak tahun 2017, kembali meraih pencapaian luar biasa...